BPOM: Hasil Uji Vaksin Sinovac Aman, Tak Ada Efek Serius

BPOM: Hasil Uji Vaksin Sinovac Aman, Tak Ada Efek Serius
Foto: Dok. Polda Sulteng

Sebanyak 11,760 vaksin Covid-19 dari perusahaan Sinovac, tiba di Bandara Mutiara Sis Aljufri, Palu,Provinsi Sulteng, Selasa (5/1/2021).

 

TADULAKONEWS, Jakarta - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sudah melakukan uji klinis terhadap vaksin Sinovac. Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari BPOM Lucia Rizka Andalusia mengatakan, pihaknya telah mendapatkan dua data setelah dua bulan penyuntikan vaksin, yakni data immunogenitas dan efikasi.

Lucia mengatakan, data tersebut bisa menepis keraguan masyarakat dalam menerima vaksin.

"Dari data keamanan, vaksin ini sudah cukup aman. Tidak ada kejadian efek samping serius yang dilaporkan berkaitan dengan penggunaan vaksin ini. Sedangkan immunogenitasnya juga sudah menunjukan tingkat pembentukan antibodi yang bagus responsnya dalam tubuh," kata Lucia dalam Alinea Forum bertajuk Kehalalan & Keamanan Vaksin Covid-19, Selasa (5/1/2021).

Saat ini, BPOM masih menunggu sejumlah data uji klinis lainnya. Lucia menyebutkan ada beberapa keuntungan yang diperoleh Indonesia dengan melakukan uji klinis. "Bahwa kita mempunyai data uji klinis. Kita punya data pengalaman penggunaan di Indonesia," terang dia.

Kendati begitu, BPOM membuka peluang memakai data hasil uji klinis sejumlah vaksin Covid-19 dari negara lain, guna mempercepat program vaksinasi di Indonesia. Syaratnya protokol uji klinis negara lain sama dengan Indonesia.

Menurutnya, tidak ada kewajiban melakukan uji klinis di dalam negeri sebelum menggunakan vaksin. Apalagi bila ada negara tetangga yang sudah melakukan uji klinis sebelumnya. Bahkan, ada beberapa jenis vaksin yang telah digunakan di Indonesia, tanpa melalui uji klinis di Indonesia.

"Sudah banyak

Tags: kesehatan
Tadulako News

Penulis: Tadulako News


Berita Terkait

Form Komentar



Masukan 6 kode diatas :

huruf tidak ke baca? klik disini refresh


Komentar Via Facebook


Profil Tadulako News

Penerbit : CV. Media Graha Palu Akta Notaris : No13 dan pengesahan pengadilan negeri palu no.445/2012/PN-PL Pimpinan Umum : Muh Natsir M. Diah, SPd Pemimpin Redaksi : Ferdinand H. Gononggo Dewan Penasehat : Drs. H. Anwar Hafid, MSi, Teddy Salawati, SH Penasehat Hukum: SH Errolflyn E. Kimbal. SH, Abraham Hariyanto, SH.MH Redaktur : R. Matakku, Sekretaris Redaksi : Priska Bendahara : Norlin Woso, [...]

Facebook

Twitter