PDIP Ungkap Dugaan Anak di Bawah Umur Mencoblos di Pilkada Morut

PDIP Ungkap Dugaan Anak di Bawah Umur Mencoblos di Pilkada Morut
Foto: Dok. Tim Handal

 

TADULAKONEWS - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) menemukan sejumlah dugaan pelanggaran massif pada Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Morowali Utara.

Hal ini disampaikan oleh Muhamad Nurul Haq (Mamat) yang bertindak sebagai Biro Hukum dan Perundang-Undangan Badan Saksi Pemilu Nasional DPP PDI Perjuangan, di Kolonodale, pada 16 Desember 2020. Dan Untuk diketahui, PDI Perjuangan adalah Partai Pengusung calon Nomor Urut 2, HOLILIANA H. ABUDIN HALILU, (HANDAL) .

Mamat menyampaikan temuan pertama terkait dengan adanya beberapa anak dibawah umur yang diduga menggunakan hak pilih.

"Hal tersebut telah kami temukan nama dan alamat TPS yang digunakan anak tersebut, hal ini jelas bertentangan dengan Pasal 112 Undang-Undang Nomor 10 tahun 2016. Yang mana anak tersebut tidak terdaftar sebagai wajib pilih dan juga tidak memiliki Kartu Tanda Penduduk," jelasnya dari pernyataan tertulis yang diterima media ini.

Temuan Kedua, lanjut dia, terkait dengan ada beberapa TPS kertas suara digunakan secara keseluruhan, akan tetapi daftar hadir pemilih tidak ada satupun yang bertanda tangan. Dan anehnya Daftar Hadir yang dicari tidak terdapat dalam TPS, akan tetapi diambil dari kampung yang terdapat dalam bungkusan, setelah perhitungan di kecamatan pihak penyelenggara ingin memasukan daftar hadir tersebut kedalam TPS, tatapi walaupun daftar hadir di masukan, setelah di periksa daftar hadir tersebut tidak di isi oleh para pemilih.

"Dan Ketiga, mengenai adanya Daftar Pindah Memilih sejumlah 7 orang di TPS kecamatan Mamosalato, akan tetapi didalam daftar hadir tidak ada nama dan tanda tangan, hal tersebut juga merupakan pelanggaran, karena bagaimana mungkin terdapat orang pindah memilih akan tetapi daftar hadir dan nomor Induk Kependudukan

Tadulako News

Penulis: Tadulako News


Berita Terkait

Form Komentar



Masukan 6 kode diatas :

huruf tidak ke baca? klik disini refresh


Komentar Via Facebook


Profil Tadulako News

Penerbit : CV. Media Graha Palu Akta Notaris : No13 dan pengesahan pengadilan negeri palu no.445/2012/PN-PL Pimpinan Umum : Muh Natsir M. Diah, SPd Pemimpin Redaksi : Ferdinand H. Gononggo Dewan Penasehat : Drs. H. Anwar Hafid, MSi, Teddy Salawati, SH Penasehat Hukum: SH Errolflyn E. Kimbal. SH, Abraham Hariyanto, SH.MH Redaktur : R. Matakku, Sekretaris Redaksi : Priska Bendahara : Norlin Woso, [...]

Facebook

Twitter