PT Poso Energi Belum Bayar Ganti Rugi Pagar Sogili Warga

PT Poso Energi Belum Bayar Ganti Rugi Pagar Sogili Warga
Foto: Dok. Majalah Tadulako

Keterangan Foto: Lokasi Jembatan Pamona yang telah dibongkar pihak PT. Poso Energi dan Pemda Poso.

 

 

TADULAKONEWS, POSO – Pengerukan danau Poso yang diklaim Pemerintah Kabupaten Poso sebagai normalisasi sungai itu berdampak pada pembongkaran sejumlah alat tangkap ikan tradisional.

Dikutip dari radarsulteng.id disebutkan, Dibalik pembongkaran alat tangkap ikan tradisional warga, seperti alat penangkapan ikat sidat atau dalam bahasa lokal Pamona disebut Pagar Sogili dan Karamba tempat budidaya ikan itu ganti rugi belum seluruhnya diselesaikan pihak PT. Poso Energi.

Koordinator Utama Komunitas Wuaya Masapi atau Pagar Sogili, Amsal Hasim. SE dihubungi Radar Sulteng, Senin (6/1) mengaku, data pemilik Pagar Sogili yang dikuasakan kepadanya yang belum dibayar pihak PT Poso Energi, ada 30 lebih atau hampir 40 buah Pagar Sogili dan itu merupakan Pagar Sogili lama yang terdampak langsung dari aktivitas pengerukan Danau Poso yang terdapat di bawah Jembatan Pamona.

Amsal mengatakan, keberadaan Pagar Sogili sejak dari nenek moyang mereka, sudah turun temurun melakukan aktivitas menangkap ikan menggunakan alat tradisional Pagar Sogili dan Karamba.

Pagar Sogili yang berdekatan dengan pembongkaran jembatan Yondo Pamona

Jika dihitung-hitung mereka sudah merupakan generasi keempat mengelola usaha menangkap ikan dengan cara tradisional, yang menjadi sumber pendapatan mereka. Jika kemudian ada aktivitas pengerukan sudah tentu mengganggu aktivitas penangkapan ikan. 

“Hal inilah yang kami mint

Tadulako News

Penulis: Tadulako News


Berita Terkait

Form Komentar



Masukan 6 kode diatas :

huruf tidak ke baca? klik disini refresh


Komentar Via Facebook


Profil Tadulako News

Penerbit : CV. Media Graha Palu Akta Notaris : No13 dan pengesahan pengadilan negeri palu no.445/2012/PN-PL Pimpinan Umum : Muh Natsir M. Diah, SPd Pemimpin Redaksi : Ferdinand H. Gononggo Dewan Penasehat : Errolflyn E. Kimbal. SH Penasehat Hukum: Abraham Hariyanto,SH.MH Redaktur : R. Matakku, Stevenly Sekretaris Redaksi : Priska Bendahara : Norlin Woso, S.Kep Tim Redaksi : Palu : Nando, Budi, [...]

Facebook

Twitter