Polda Sulteng Terbitkan Imbauan Hargai Tugas Wartawan

Polda Sulteng Terbitkan Imbauan Hargai Tugas Wartawan
Foto: Ist

Foto: Kabidhumas Polda Sulteng AKBP Didik Supranoto

 

TADULAKONEWS, Palu -Peristiwa perampasan kamera wartawan TVRI Sulteng pada saat melakukan peliputan aksi unjuk rasa aliansi mahasiswa kota Palu Rabu (25/9) mengundang protes dan keberatan para jurnalis di Kota Palu Sulteng. Bahkan mereka melalui pemrednya masing-masing mengancam untuk boikot pemberitaan tentang Kepolisian.

Menyikapi hal tersebut Kapolda Sulteng melalui Kabidhumas Polda Sulteng mengatakan sangat prihatin dan atas nama Polda Sulteng memohon maaf baik kepada pribadi wartawan yang bersangkutan, kepada TVRI Sulteng dan lembaga yang mengayomi para jurnalis (AJI/IJTI/PWI) atas sikap dan perilaku oknum Briptu J sehingga menghambat tugas-tugas jurnalis.

“Kami atas nama institusi dan pimpinan Polda Sulteng menyampaikan permohonan maaf,” ucap Kabidhumas Polda Sulteng AKBP Didik Supranoto dalam pressreleasenya. "Bapak Kapolda Sudah juga sudah perintahkan Kabidpropam untuk segera periksa oknum Briptu J hari Sabtu kemarin (28/9) saat coffe morning bersama PJU," ujar Didik lagi.

Selain itu saudara Rian selaku korban, Senin (30/9) juga akan dipanggil dan diperiksa Bidpropam. "Untuk menjaga agar kasus tidak terulang kembali Polda Sulteng telah mengeluarkan Surat Telegram yang berisi imbauan kepada jajaran Polda Sulteng, antara lain ditegaskan satu untuk menghormati dan memberikan kesempatan kepada jurnalis melakukan peliputan karena tugas mereka dilindungi UU.

Kedua tidak menghambat atau menghalang-halangi tugas jurnalis dengan melakukan perampasan alat dan menghapus hasil liputan. Ketiga tindakan point dua merupakan pidana denga ancaman penjara paling lama 2 tahun dan denda paling tinggi Rp 500 juta,"

Tags: hukum
Tadulako News

Penulis: Tadulako News


Berita Terkait

Form Komentar



Masukan 6 kode diatas :

huruf tidak ke baca? klik disini refresh


Komentar Via Facebook


Profil Tadulako News

Penerbit : CV. Media Graha Palu Akta Notaris : No13 dan pengesahan pengadilan negeri palu no.445/2012/PN-PL Pimpinan Umum : Muh Natsir M. Diah, SPd Pemimpin Redaksi : Ferdinand H. Gononggo Dewan Penasehat : Errolflyn E. Kimbal. SH Penasehat Hukum: Abraham Hariyanto,SH.MH Redaktur : R. Matakku, Stevenly Sekretaris Redaksi : Priska Bendahara : Norlin Woso, S.Kep Tim Redaksi : Palu : Nando, Budi, [...]

Facebook

Twitter