Forum Pemred Sepakat Tak Muat Berita Kepolisian

 Forum Pemred Sepakat Tak Muat Berita Kepolisian
Foto: Istimewa

Keterangan Foto: Para pemred media yang ada di Kota Palu disaksikan ketua Dewan Pers saat pembentukan Forum Pemred di Hotel Santika Palu belum lama ini.

 

TADULAKONEWS, PALU - Aksi perampasan kamera dan penghapusan gambar hasil liputan wartawan TVRI Sulteng Rian Saputra saat liputan aksi mahasiswa menolak RUU terus dipantau sejumlah organisasi pers. Forum Pemred Sulteng yang sejak awal ikut mengawal laporan ini ke pihak berwenang berharap kasus ini tidak dipetieskan.

Forum Pemred Sulteng juga menyebut kasus penghapusan hasi liputan wartawan itu tidak cukup hanya diselesaikan dengan permohonan maaf. Koordinator Forum Pemred Sulteng Abdy Mari mengatakan, tindakan perampasan terhadap alat kerja wartawan itu sangat melanggar undang-undang. Melaporkannya ke pihak berwenang adalah tindakan untuk efek jera.

"Secara profesi, saling memberi maaf sudah dilakukan oleh kedua pihak. Namun, agar oknum-oknum aparat juga faham tentang undang-undang Pers maka melanjutkan proses hukum adalah hal yang tepat," kata Abdy Mari Minggu (29/9/2019).

Agar lebih menjadi pelajaran dan tidak mengulangi tindakan tindakan ‘biadab pada profesi’ Forum Pemred Sulteng mengeluarkan pernyataan sikap tegas. Pertama, meminta Kapolda dan jajarannya untuk Tunduk dan Patuh pada UU Pers No 40 Tahun 1999.

Kedua, kasus perampasan, menghalang halangi adalah tindakan ketidakprofesionalan Polisi di Sulteng ketika menjalankan Protap dan SOP yang berspektif HAM. "Bila dua point diatas dilanggar maka seluruh Pimpinan Redaksi yg tergabung pd Forum Pemred Sulteng Mengeluarkan Nota Protes dengan memboikot seluruh pemberitaan dan informasi publik dari kepolisian Sulteng," tegas Abdy Mari yang juga Pemred Kaba

Tags: hukum
Tadulako News

Penulis: Tadulako News


Berita Terkait

Form Komentar



Masukan 6 kode diatas :

huruf tidak ke baca? klik disini refresh


Komentar Via Facebook


Profil Tadulako News

Penerbit : CV. Media Graha Palu Akta Notaris : No13 dan pengesahan pengadilan negeri palu no.445/2012/PN-PL Pimpinan Umum : Muh Natsir M. Diah, SPd Pemimpin Redaksi : Ferdinand H. Gononggo Dewan Penasehat : Errolflyn E. Kimbal. SH Penasehat Hukum: Abraham Hariyanto,SH.MH Redaktur : R. Matakku, Stevenly Sekretaris Redaksi : Priska Bendahara : Norlin Woso, S.Kep Tim Redaksi : Palu : Nando, Budi, [...]

Facebook

Twitter