Apoteker Sama Penting Dengan Dokter

 Apoteker Sama Penting Dengan Dokter

Keterangan Foto: Sekdaprov Sulteng Dr. Moh. Hidayat Lamakarate saat menjadi pembicara pada Konfrensi Daerah Ikatan Apoteker Indonesia (IAI).

 

Palu,(TadulakoNews) - Sekretaris Daerah Provinsi Sulteng Dr. Moh Hidayat Lamakarate, M.Si sangat mengapresiasi profesi apoteker yang juga sama pentingnya dengan dokter dan perawat. "Karena selain belajar obat (apoteker) juga belajar membaca huruf-huruf (resep) dokter dan uniknya hanya mereka yang bisa," pujinya saat jadi pembicara pada Konferensi Daerah Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Sulteng, Sabtu siang (22/6), di Hotel Swissbell.

Kesempatan itu, Ia membagi pengalaman saat mengurus sektor kesehatan di Banggai Laut, tepatnya sewaktu jadi Pj Bupati beberapa tahun lalu. Kendala yang dihadapi lanjutnya seperti belum adanya dokter spesialis di sana. "Rumah sakit besar tapi sepi, pasien yang datang hanya 5. Mengapa, karena mereka cukup berobat di puskesmas saja," ingatnya akibat belum adanya dokter spesialis di RS tsb.

Menyiasatinya Ia lalu mendatangkan tenaga dokter spesialis dari luar pulau meski konsekuensinya pemkab harus membayar insentif tambahan plus menyediakan fasilitas rumah dan kendaraan dinas. Langkah itu lanjutnya cukup berhasil meyakinkan masyarakat berobat ke rumah sakit tapi justru membuat masalah baru yaitu apotek tidak sanggup mengcover obat-obat generik atau yang ditanggung BPJS. Ditambah lagi jumlah apoteker yang terbatas, yang belum merata di kabupaten berwilayah kepulauan itu.

Dari kisah itu maka Sekda mengharap IAI mendata daerah-daerah mana saja di Sulteng yang kekurangan apoteker supaya nanti bisa disebar secara merata. Ia juga meminta IAI gencar mensosialisasi masyarakat tentang manfaat obat generik yang sebenarnya sama saja dengan obat paten yang diklaim l

Tags: kesehatan
Tadulako News

Penulis: Tadulako News


Berita Terkait

Form Komentar



Masukan 6 kode diatas :

huruf tidak ke baca? klik disini refresh


Komentar Via Facebook


Profil Tadulako News

Penerbit : CV. Media Graha Palu Akta Notaris : No13 dan pengesahan pengadilan negeri palu no.445/2012/PN-PL Pimpinan Umum : Muh Natsir M. Diah, SPd Pemimpin Redaksi : Ferdinand H. Gononggo Dewan Penasehat : Errolflyn E. Kimbal. SH Penasehat Hukum: Abraham Hariyanto,SH.MH Redaktur : R. Matakku, Stevenly Sekretaris Redaksi : Priska Bendahara : Norlin Woso, S.Kep Tim Redaksi : Palu : Nando, Budi, [...]

Facebook

Twitter