Perjalanan Pertama Ekspedisi Poso, Ditemukan Rekahan Sesar Poso Barat

 Perjalanan Pertama Ekspedisi Poso, Ditemukan Rekahan Sesar Poso Barat
Foto: Tim Ekspedisi Poso

Keterangan Foto: Tim Ekspedisi Poso saat mencari bukti bukti yang diperlukan.

 

Poso - Perjalanan pertama tim Ekspedisi Poso selama 8 hari, temukan bukti pra sejarah, rekahan Sesar Poso Barat hingga keluarga spesies ikan endemik Danau Poso. Perjalanan sejak tanggal 15 Mei hingga 22 Mei 2019 ini melibatkan beragam orang dengan latar belakang disiplin ilmu seperti geologi, arkeologi, biologi, antropologi, sosiologi dan teologi. Perjalanan dilakukan bersama dengan para petani dan nelayan yang bergabung di Aliansi Penjaga Danau Poso. Selain menjelajahi wilayah danau, perbukitan, hutan, tim juga sejumlah wawancara bersama warga setempat.

Terdapat 17 desa yang menjadi tempat penelusuran keanekaragaman budaya, alam dan potensi bencana , yaitu Desa Tolambo, Tindoli, Tokilo, Pendolo, Pandayora, Korobono, Pasir Putih, Bo’e, Taipa, Owini, Panjo, Bancea, Meko, Salukaia, Toinasa, Leboni dan Tonusu. Di Desa Tindoli, tim arkeolog yang dipimpin Iksam, wakil kepala museum Sulawesi Tengah, menemukan lukisan tangan di dinding gua yang sudah berwarna hitam. Lukisan ini ditemukan di benteng Kandela.

“Kemungkinan lukisan tangan ini berusia lebih tua daripada situs yang ada dari Morowali” Kata Iksam. Selain lukisan tangan dan keramik, di gua Kandela juga ditemukan ratusan kerangka leluhur orang Tindoli. Penyimpanan tulang belulang manusia di gua-gua merupakan tradisi masyarakat Poso di masa sebelum datangnya agama Samawai. Ini dikenal sebagai pemakaman kedua. Iksam menjelaskan, dahulu ketika ada orang meninggal, jenazahnya tidak langsung dimakamkan, oleh keluarga terlebih dahulu disimpan ditempat tertentu (biasanya tidak jauh dari rumah) hingga tinggal tulang belulang, setelah itu baru kemudian disimpan didalam peti untuk dibawa ke peristirahatan terakhir di gua atau tempat-tempat yang dianggap aman.

Selain Kandel

Tags: wisata
Tadulako News

Penulis: Tadulako News


Berita Terkait

Form Komentar



Masukan 6 kode diatas :

huruf tidak ke baca? klik disini refresh


Komentar Via Facebook


Profil Tadulako News

Penerbit : CV. Media Graha Palu Akta Notaris : No13 dan pengesahan pengadilan negeri palu no.445/2012/PN-PL Pimpinan Umum : Muh Natsir M. Diah, SPd Pemimpin Redaksi : Ferdinand H. Gononggo Dewan Penasehat : Errolflyn E. Kimbal. SH Penasehat Hukum: Abraham Hariyanto,SH.MH Redaktur : R. Matakku, Stevenly Sekretaris Redaksi : Priska Bendahara : Norlin Woso, S.Kep Tim Redaksi : Palu : Nando, Budi, [...]

Facebook

Twitter