BWSS III Tidak Ada Kepedulian Terhadap Kondisi Sungai di Kulawi

BWSS III Tidak Ada Kepedulian Terhadap Kondisi Sungai di Kulawi
Foto: Istimewa

Palu - Kulawi tepatnya di Desa Omu putus lagi akibat diterjang banjir./IST SIGI – Banjir bandang untuk ketiga kalinya, Sejak April lalu kembali menerjang wilayah bagian selatan Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah. Sejak Minggu malam, 26 Mei 2019, air bah merendam permukiman warga di Desa Tuva. Terjangan banjir itu juga memutus jalur transportasi Palu – Kulawi di Desa Omu.

Jalur ini merupakan urat nadi satu-satunya untuk transportasi barang dan jasa di empat kecamatan di wilayah bagian selatan Kabupaten Sigi. Jalur ini menghubungkan wilayah Kota Palu, Ibukota Provinsi, wilayah bagian Utara Sigi dengan Kecamatan Kulawi, Kulawi Selatan, Lindu dan Pipikoro. Wilayah ini boleh disebut sebagai daerah langganan banjir.

Saban tahun terjangan air bah menghantam permukiman, merendam kebun-kebun warga setempat dan memutus jalur transportasi. Pasca gempabumi bermagnitudo 7.4 Skala Richter pada 28 September 2018 lalu pun jalur ini terputus hampir sepekan. Setelah itu disapu oleh banjir bandang berkali-kali. Pihak terkait yang seharusnya menangani normalisasi sungai Balai Wilayah Sungai Sulawesi III terkesan masa bodoh dengan kondisi banjir yang terus menggerus jalan dan pemukiman warga.

Kepala Dinas Bina Marga dan Tata Ruang, Sulawesi Tengah, Syaifullah Djafar kepada Radar Sulteng menyebutkan tim kerjanya akan mulai bekerja besok untuk kembali membuat jalan baru di jalur Omu – Tuva – Salua. Dinas Marga mengfokuskan kerja mereka untuk pembenahan jalur itu sejak pasca gempabumi 28 September 2018 sampai dengan hari ini.

Namun, Syaifullah menyayangkan kurangnya perhatian dan belum ada respons dari Balai Wilayah Sungai Sulawesi III untuk penanganan Wilayah Sungai Palu – Lariang yang hampir segaris dengan jalur Omu – Tuva – Salua. “BWS sepertinya tidak ada kepedulian sama sekali atas penanganan banji

Tags: politik
Tadulako News

Penulis: Tadulako News


Berita Terkait

Form Komentar



Masukan 6 kode diatas :

huruf tidak ke baca? klik disini refresh


Komentar Via Facebook


Profil Tadulako News

Penerbit : CV. Media Graha Palu Akta Notaris : No13 dan pengesahan pengadilan negeri palu no.445/2012/PN-PL Pimpinan Umum : Muh Natsir M. Diah, SPd Pemimpin Redaksi : Ferdinand H. Gononggo Dewan Penasehat : Errolflyn E. Kimbal. SH Penasehat Hukum: Abraham Hariyanto,SH.MH Redaktur : R. Matakku, Stevenly Sekretaris Redaksi : Priska Bendahara : Norlin Woso, S.Kep Tim Redaksi : Palu : Nando, Budi, [...]

Facebook

Twitter