AJI Ternate Desak Proses Pelaku Kekerasan Jurnalis

AJI  Ternate  Desak  Proses Pelaku Kekerasan  Jurnalis

Ternate - Kabar duka menyelimuti dunia pers Ternate Maluku Utara. Aksi menghalang- halangi dilanjutkan penganiayaan jurnalis kembali terjadi. Penganiayaan itu dilakukan massa aksi salah satu calon Gubernur Maluku Utara yakni AHM –Rivai, terhadap jurnalis Malut Post yang juga Grup Indonesia News Network (INN). Aksi Senin (12/11) sekira pukul 14.00 WIT itu, menimpa Hisbullah (25 tahun) yang juga fotografer Koran ini. Kekerasan ini berawal saat Hisbullah akan mengambil foto aksi massa di Jalan Dacomib Kantor KPU Provionsi Maluku Utara Kelurahan Kota Baru Ternate.

Peserta aksi yang melihat Hisbullah akan mengabadikan fotonya saat aksi bakar ban dan orasi oleh massa, langsung dihampiri salah satu peserta aksi dan bertanya dia wartawan Malut Post atau bukan. Peserta aksi yang belakangan diketahui bernama Nurbaya (48 tahun) bertanya kepada Hisbullah apakah dia wartawan Malut Post? Mendapat pertanyaan seperti itu, dia langsung mengaku wartawan Malut Post. Mendapat jawaban seperti itu, Nurbaya yang sedang memegang sebilah bambu tiba –tiba membabi buta memukul Hisbullah. Mendapat serangan tiba-tiba Hisbullah sempat berbalik badan dan batang bambu itu menghantam belakang bagian bawah.

Karena khawatir dianiaya lagi dia lalu menjauh dari massa. Meski begitu ada beberapa anggota aksi masih mengejarnya. Dia kemudian diselamatkan dua rekannya Hasby Konoras dan Zulkifly Ahmad selanjutnya dibawa ke RS Bhayangkara Ternate untuk divisum sekitar pukul 14.20. Akibat pukulan itu Hisbullah mengalami memar. Setelah divisum, Hisbullah bersama beberapa jurnalis dan jajaran redaksi MP sekitar pukul 14,30 WIT melapor ke Polres Ternate.

Laporan ini diterima oleh Kanit SPKT Sif C Polres Ternate. Ipda Zulkifli Bitji. Dalam kasus ini bisa dijerat dengan pasal pidana KUHP dan Pasal 18 Undang- Undang Pers no 4 tahun 1999. Dimana setiap orang melawan hukum

Tags: hukum
Tadulako News

Penulis: Tadulako News


Berita Terkait

Form Komentar



Masukan 6 kode diatas :

huruf tidak ke baca? klik disini refresh


Komentar Via Facebook


Profil Tadulako News

Penerbit : CV. Media Graha Palu Akta Notaris : No13 dan pengesahan pengadilan negeri palu no.445/2012/PN-PL Pimpinan Umum : Muh Natsir M. Diah, SPd Pemimpin Redaksi : Ferdinand H. Gononggo Dewan Penasehat : Errolflyn E. Kimbal. SH Penasehat Hukum: Abraham Hariyanto,SH.MH Redaktur : R. Matakku, Stevenly Sekretaris Redaksi : Priska Bendahara : Norlin Woso, S.Kep Tim Redaksi : Palu : Nando, Budi, [...]

Facebook

Twitter